/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Jaringan Komputer

Jaringan..., kata ini berasal dari kata dasar jaring. Bolehlah kita berimajinasi sejenak tentang sebuah jaring. Mungkin, angan kita membayangkan sebuah jaring ikan, atau jaring net bulutangkis, atau bahkan jaring sarang laba-laba.



Kalau dicermati, ada hal yang menarik dari struktur pembentuk jaring-jaring itu. Jaring-jaring itu, terbentuk dari rangkaian semacam benang-benang yang saling terikat dan mengikat pada simpul-simpulnya. Bagaimana jika salah satu simpul dari jaring itu putus? Kekuatannya pasti akan berkurang. Sepertihalnya jaring-jaring tersebut, jika sekumpulan komputer-komputer, perangkat-perangkat lain misalnya printer, yang terhubung membentuk satu kesatuan, maka akan terbentuklah sebuah jaringan, yang disebut jaringan komputer.

Pengertian Jaringan

Jaringan koomputer merupakan suatu hubungan antara 2 komputer atau lebih yang saling saling berkomunikasi, bertukar informasi, dan dapat menggunakan resources yang dapat digunakan bersama melalui sebuah media. Resources ini dapat berupa hardware seperti printer, harddisk, faksimili, dan lain-lain.

Biaya atau sumber daya lebih efisien Misalnya, dengan satu printer dapat digunakan untuk banyak pengguna.

  1. Menjaga informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
  2. Mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
  3. Kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.

Perangkat Jaringan
Dalam sebuah jaringan, dimana satu komputer terhubung dengan komputer lain tentunya memiliki perangkat-perangkat pendukung untuk menghubungkan semua komputer sehingga dapat berkomunikasi.

Perangkat keras

  1. Sistem Operasi, Hampir semua sistem operasi yang sekarang ini sudah mampu untuk membangun jaringan komputer. Sistem operasi yang umum digunakan antara lain, Windows, Linux, Novell, dll.
  2. Driver, Misalnya, pada saat kita akan memasang perangkat tambahan NIC (Network Interface Card), jika komputer kita tidak mengenal NIC yang akan dipasang maka driver tambahan diperlukan untuk menginstalasinya.

Perangkat Lunak
  1. Server, umunnya mempunyai system operasi dan aplikasi yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain (client) dalam jaringan.
  2. Client, merupakan komputer yang digunakan untuk mengolah data yang diambil dari server, dengan kata lain komputer yang menerima pelayanan dari komputer server.
  3. NIC (Network Interface Card) atau kartu jaringan adalah sebuah perangkat keras komputer yang dirancang agar memungkinkan komputer melakukan komunikasi dalam jaringan. NIC juga sebagai media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan, mengontrol arus data antara komputer dan sistem kabel, menerima data yang dikirim komputer lain lewat kabel dan menterjemahkan ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer. Jenis BUS yang digunakan NIC, diantaranya ISA dan PCI
  4. Hub (konsentrator), adalah perangkat keras jaringan yang berfungsi untuk membagi dan menguatkan sinyal data kartu jaringan. Dengan Hub ini, sebuah kabel dari komputer server dibagi menjadi beberapa komputer client. Hub mempunyai beberapa port sebagai konektor kabel dari komputer, atau perangkat lain yang terhubung dalam jaringan. Jumlah port pada Hub bervariasi diantaranya 6, 8, dan 24
  5. Kabel dan Conector. Dalam sebuah jaringan kabel berfungsi sebagai penghubung. ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer, yaitu:
  • BNC Conector, konektor ini berbentuk silinder dengan 2 prongs untuk menghubungkan, terbuat dari tembaga, dan menggunakan T-conector jika dihubungkan dengan network adaptor.
  • Twister Pair Ethernet, yaitu UTP dab STP.
  • Conector RJ-11 dan RJ-45. Twisted atau terpelintir dimaksud untuk mengurangi interferensi listrik, dapat melewati sinyal hingga 10 Mbps, STP tahan gangguan daripada UTP sehingga kecepatannya sampai 100 Mbps, dan dibutuhkan Hub untuk membangun sebuah LAN.
  • Fiber Optic. Kecepatan pengiriman data dengan media ini lebih dari 100 Mbps dan bebas pengaruh lingkungan. Namun harganya relatif mahal dan pemasangan datau instalasi lebih sulit.


Latihan Soal



2 komentar:

Anonymous said...

Menarik sekali artikelnya....
Teruskan...

ardita said...

ajari aku donk buat blog yang sip gine....

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!