/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Aturan 20-20-20

WAKTU berjalan cepat bagi mereka yang bekerja di depan komputer. Jika tidak diselingi aktivitas fisik dan pengalihan pandangan, bisa membawa dampak buruk bagi tubuh. Karena itu, olahraga ringan atau gerakan sederhana diperlukan untuk memperbaiki postur dan kesehatan. Hal lain yang tak kalah penting adalah perihal kesehatan mata. Mata Anda akan terganggu jika dipaksa berfokus pada satu hal (monitor komputer) dalam periode waktu yang sangat panjang.

Para ahli mata menganjurkan aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit setelah berfokus ke hadapan layar komputer, alihkan pandangan selama 20 detik pada sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 7 meter) dari tempat duduk. Sementara itu, ahli mata dari Akademi Optometri Amerika, BurtDubow, menyarankan untuk mengistirahatkan mata setiap 15-30 menit.

Alihkan pandangan pada sesuatu yang berada di kejauhan. Seperti di luar jendela, untuk merelaksasikan otot mata, pastikan juga pencahayaan tepat. Lantas untuk membaca sebaiknya kita menggunakan lampu yang terang (ya ga' terang-terang amat). “Sedangkan saat bekerja komputer atur pencahayaan sedikit lebih terarah dan tidak menyilaukan mata.

Agar tubuh tetap bugar dan mata tetap sehat selama bekerja di depan komputer, ada langkah-langkah yang dapat dilakukan,

  1. Jaga jarak pandang dari monitor
    Berada terlalu dekat dengan monitor memang sedikit membahayakan bagi mata kita. Seharusnya kita menjaga jarak pandang ke monitor kita dengan baik. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi (50-100cm) dari mata.
  2. Tinggalkan CRT, Beralih ke LCD
    Monitor tabung (CRT) memang memberi efek yang lebih buruk dibanding LCD, selain energi yang dibutuhkan juga lebih besar. Cobalah mengganti monitor CRT kita dengan LCD.
  3. Atur monitor setting
    Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Adakalanya manfaatkan hal tersebut. Misal settingan seperti, 'text' atau 'internet' akan terasa lebih sejuk di mata, saat kita gunakan untuk mengetik ataupun browsing. Setingan 'game' atau 'movie' akan terlihat lebih terang saat digunakan.
  4. Gunakan kacamata anti radiasi
    Walau hal ini membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, namun ada baiknya saat memiliki cukup uang kita membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya. Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.
  5. Mengistirahatkan mata sejenak, secara berkala. Gunakan aturan 20-20-20 seperti uraian di atas.

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!