/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Memperbaiki Flashdisk Write Protect

KADANG muncul berbagai permasalahan pada flashdisk kita, ada yang flashdisk yang tidak terdeteksi-lah, ada yang tidak bisa diformat-lah dan lain-lain, berikut ini sedikit panduan yang mungkin dapat membantu flashdisk Anda yang mengalami Write Protect.

Garis besar pada permasalahan kali ini adalah :
  • USB Flashdisk kita muncul pesan Write Protect Error
  • Kita tidak bisa menghapus file atau juga copy file dan data-data ke USB Flashdisk kita
  • Ketika kita ingin melakukan format Flash Disk, muncul tulisan Write Protect
  • Flash Disk mengalami masalah hanya pada komputer-komputer tertentu saja.
Pesan error yang muncul :

Di kasus yang ini adalah, akan ada pesan yang tampil sewaktu kita melakukan format pada flashdisk kita.
Lalu di kasus yang ke dua, sewaktu kita lakukan copy-paste, atau dengan kata lain memindahkan file.
Pesan ini tampil sewaktu kita mau memasukan data hardisk ke flashdisk

Membetulkan dengan cara CHKDSK dan juga kita Format melalui Dos Prompt:

  1. Pertama-tama kita masuk terlebih dahulu ke DOS Prompt yang ada pada Windows XP lalu selanjutnya kita ketikan CHKDSK /F Drive letter : (chkdsk /f v:)
  2. Setelah proses memeriksa Check Disk (CHKDSK) telah berakhir, silahkan kita hapus semua data yang tersimpan dalam Flash Disk, perintah nya adalah “Del drive letter:*.*”(tanpa tanda petik). Contoh perintah menghapus data didalam Flash Disk di drive V: DEL V:*.*
  3. Silahkan coba lagi format menggunakan perintah Dos Promt. Format V:
  4. kita bisa juga menggunakan cara lain, yaitu dengan Computer Management, silahkan perhatikan volume yang ada pada drive V, kemudian kita akan melakukan format. Namun jika tetap muncul pesan error, coba kita booting ulang komputer nya.
Beberapa Screen Shoot yang mungkin dapat membantu :


Screen shoot 1

Screen shoot 2

Screen shoot 3
Hasil yang Anda (dan saya) harapkan :

Metode pada penjelasan tadi adalah cara untuk membetulkan flashdisk kita yang sudah corrupt dan flashdisk kita juga telah terkena file protect sewaktu kita mau copy-paste (transfer file) serta flashdisk kita tidak bisa di format. Sesudah Flashdisk diformat, namun pesan error masih muncul, coba kita booting ulang komputer kita yang tujuannya agar komputer kita dapat ter-refresh dan agar Windows XP dapat mendeteksi FlashDisk kita.

Namun jika masalah belum juga bisa teratasi, coba ulangi lagi langkah dari awal, tapi jika masih gagal juga, berarti cara yang sudah saya jelaskan tidak berlaku lagi untuk membetulkan level kerusakan flashdisk anda.

Memang masalah Flash Disk Write Protect kadang-kadang cuma muncul di komputer-komputer tertentu saja, namun di komputer lain ada kemungkinan masih bisa. Hal lain mungkin saja terjadi bila cara di atas ternyata tidak berfungsi sama sekali.

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!