/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

USB 3.0

USB kepanjangan dari Universal Serial BUS yang merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral). USB merupakan interface yang paling sering digunakan dewasa ini karena selain transfer rate-nya yang cepat juga karena harga dan perawatannya murah serta banyak dari perangkat elektronik sekarang ini menggunakan interface ini.

USB 3.0 adalah versi terbaru dari USB yang merupakan perkembangan dari versi terdahulunya yaitu USB 2.0. USB ini memiliki kecepatan transfer data mencapai 5 GBps, yang berarti 10x lebih cepat dari USB 2.0 yang hanya 480 MBps. Gambarannya untuk mengcopy file film jenis high digital sebesar 27 GB hanya butuh waktu sekitar 70 detik. Suatu penemuan yang luar biasa. Dari karakteristik di atas dapat kita lihat bahwa salah satu keuntungan pentransferan data lewat SuperSpeed ini adalah adanya dua jalur berbeda untuk download dan upload. Artinya bisa melakukan kedua aktivitas tersebut bersamaan tanpa ada pengurangan kecepatan transfer.

Ada berbagai macam bentuk konektor kabel USB ini :

  • USB 3.0 Standard-A plug and receptacle (host connector, hampir mirip dengan USB 2.0 standard yang biasa kita temui dan gunakan untuk keperluan transfer data biasa)
  • USB 3.0 Standard-B plug and receptacle (untuk stationary peripherals: external HDD dan printer)
  • USB 3.0 Powered-B plug and receptacle (untuk menyediakan power bagi adaptor USB tanpa butuh power supply external)
  • USB 3.0 Micro-B plug and receptacle (small handheld devices)
  • USB 3.0 Micro-A plug (hanya untuk aplikasi On-The-Go (OTG))
  • USB 3.0 micro-AB receptacle (untuk fungsi host atau juga devices)
Selain bentuk konektor yang berbeda, juga lambang USB 3.0 ini mengalami perubahan tepatnya penambahan dua ‘S' pada pangkal logo USB 2.0 sebelumnya, yang merupakan singkatan dari ‘SuperSpeed'. Berikut ini perbedaan secara fisik antara USB 2.0 (kiri) dengan USB 3.0 (kanan).

Walaupun mengalami perubahan bentuk konektor namun konektor USB 3.0 ini sepenuhnya kompatibel dengan USB 2.0. Kekurangan yang ditemui sejauh ini hanya pada ukuran kabel yang menjadi semakin besar (tebal), mirip seperti kabel ethernet (jaringan).

Kenapa USB 3.0 ?

Dengan Kecepatan yang seperti diulas diatas maka USB 2.0 hanya akan tinggal kenangan saja. Karena selain lebih efisien, juga lebih hemat waktu. Apalagi di jaman yang sekarang yang memiliki mobiltas yang tinggi. Semua yang digunakan hanyalah yang praktis saja. Perbedaan bukan hanya pada kecepatan saja.

Kapan USB 3.0 beredar ?


USB 3.0 akan beredar sekitar tahun 2010 yang akan datang, tetapi proto-type telah beredar.Jadi tunggu apa lagi, persiapkan diri anda untuk menerima teknologi terbaru dari USB 3.0 yang sudah berada di ambang pintu.

2 komentar:

WaoNeX_78 said...

good job..............!!!!!

Lukman Khakim said...

thank 4 your opinion !

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!