/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Huru-hara Facebook

Akhir-akhir ini begitu maraknya pengguna internet, tidak lain dan tidak bukan hanya ingin mengecek account facebooknya. Mamang tak selamanya facebook itu buruk. Ketika suatu hal baru muncul, maka kita akan lebih baik untuk mencobanya, hal itu wajar, untuk menghindari kata-kata jadul atau gaptek. Memang seyogyanya mencobanya. Tapi begitu kita mencoba hal-hal baru tersebut, timbullah rasa untuk pertama kali, suka atau tidak. Bila tidak, secara alamiah akan tersisih, tapi bila menarik dan patut dilanjutkan, dan dapat juga timbul rasa yang mendalam (mungkin itu yang disebut cinta)

Tapi cinta atau rasa yang berlebihan untuk sebuah internet, terlebih-lebih pada facebook itu terlalu berlebihan. Ketika seseorang mulai tak bisa meninggalkan facebook, tiap saat, tiap waktu, pasti memiliki rasa untuk mengaksesnya. Baik melalui koneksi internet di PC maupun versi mobile (handphone), bentar-bentar fb, bentar-bentar fb.

Alangkah baiknya bila facebook dimanfaatkan sebagai media untuk sharring hal-hal yang bermanfaat. Tapi sayangnya banyak yang telah menyalah gunakan. Apalagi setelah facebook coorp. (server) menambah aplikasi game di dalamnya, penggemarnya luar biasa membludak !! Wow.., Indonesia menduduki urutan ke-2 dunia sebagai pemilik account terbesar di dunia, setelah US.

Beberapa Manfaat adanya facebook:

  • Seseoran akan memiliki banya teman di dunia maya
  • Sebagai sarama berdiskusi / sharing informasi ataupun lainnya
  • Mempererat tali persaudaraan antara teman-teman, keluarga, atau family yang jauh
Beberapa Dampak adanya facebook:

  • Memiliki banyak teman bukan berarti menjamin suatu keakraban, tak sedikit diantaranya kurang baik, saling cemooh, bahkan menghina satu sama lain
  • (seperti yang tertera di atas) Makan banyaknya orang menggila pada facebook, sehingga facobook telah menjadi bagian dari hadup seseorang yang sulit dilepas, dan dapat dikatakan sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi (bertengger sebagai kebutuhan primer). Ohh ya game, anak-anak akan semakin tertarik pada game buatan facebook, apalagi dengan desain grafis yang menarik dan mudah dimainkan. Sehingga mungkin menjadi candu (kemungkinan)
  • Semakin populernya facebook, maka para perusak (sebut saja hacker atau cracker) mendapatkan job baru. So, ujung-ujungnya adalah pembobolan liar beberapa account. Bagi mereka menggunakan fb sebagai hiburan ke-sekian (anggap saja ke-100), akan beranggapan "so what", dan bersikap biasa-biasa saja. Nahh.. tapi bagi yang talah mencandu, akan menjadi suatu petaka yang teramat buruk. Mungkin saja sampai setres, sebab facebook teman sudah banyak, aplikasi-aplikasi sudah dijalankan, status yang diubah-ubah biasanya jelek-jelek. Dan tak ada semangat untuk kembali mulai nol (kecil).
Dari itu semua, sudah saya dapatkan 3 manfaat dan kerugian dari facebook, so perbandingannya 3 : 3 = 1 : 1 (seri). Mungkin dari para pembaca sekalian dapat menambahkan selebihnya.
Tentukan pula faedah/hikmah dari account facebook yang Anda kelola, positifkah? atau negatifkah? Boleh kita sesekali menengok fb kita, tapi jangan sampai lupa waktu. Akhir cerita, maaf bila telah banyak menyinggung para facebookers (tenang, saya juga punya fb)

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!