/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Adakah Al-Qur’an Berbicara Tentang Komputer?

Bila ada pertanyaan seperti di atas, “Adalah Al-Qur’an Berbicara Tentang Komputer?” sepertinya dapat kita beri jawaban yang logis dan sesuai. TIDAK ADA adalah jawaban yang insya Allah benar. Yang benar saja Al-Qur’an membahas komputer. Di dalam Al-Qur’an tidak ditemukan kata “komputer” di surat manapun. Tapi Al-Qur’an disebut sebagai tuntunan hidup manusia selama hidupnya. Lho... mengapa tidak dijelaskan, padahal komputer hampir tiap saat dibutuhkan dalam berbagai bidang, misal pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. Perlu adanya pengkajian lebih lanjut mengenai hal ini.



Memang secara langsung Al-Qur’an tidak berbicara tentang komputer. Tapi kalau kita memandang secara tidak langsung, artinya melalui beberapa pengkajian lebih dalam, Insya Allah pasti ada suatu ayat yang berhubungan dengan teknologi.


Kata “komputer” berasal dari kata “to compute” yang artinya menghitung. Menghitung atau hitungan erat kaitannya dengan ilmu matematika. Padahal Al-Qur’an penuh dengan misteri akan matematika.


Beberapa keajaiban-keajaiban Al-Qur'an menyangkut angka:
  1. Berisi tentang keajaiban angka 19, dapat anda lihat pada link berikut download
  2. Berisi tentang angka biner. Satu fenomena lagi, tahukah Anda tentang sistem kerja komputer maupun superkomputer yang ada saat ini? Mereka bekerja dengan perintah numerik sistem bilangan biner, yaitu 1 dan 0, 1 berarti hidup dan 0 artinya mati. Hanya dengan itulah komputer bisa berfungsi, sebab hanya dengan 1 dan 0 saja yang dapat dimengerti oleh mesin (bahasa komputasi). Pernyataan tersebut disampaikan oleh Al Khwarizmi.
Dapat diambil kesimpulan bahwa begitu tingginya ilmu dan akal dalam agama yang sempurna ini, begitu banyak ayat yang menyatakan tentang 2 hal ini. Ayat-ayat ALLAH hanya akan menjadi petunjuk bagi orang yang mempunyai akal sebagaimana firman-Nya QS. Ali Imron : 7


"Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal"


Jadi, komputer juga merupakan salah satu hasil ilmu pengetahuan yang harus kita pelajari dengan baik (khususnya dibidang Sistem Informasi), karena dengan itu insya ALLAH kita dapat memaknai beberapa ayat yang disebutkan di atas.


Nah, itulah sekilas tentang keajaiban Al-Qur’an sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW yang benar-benar mencakup seluruh aspek kehidupan dunia dan akhirat. Insya Allah.

4 komentar:

Anonymous said...

Assalamualaikum ....

Tak ku sangka ada sebuah pernyataan/opini seperti ini. Sungguh hebat, dan subhanallah ....

ku tunggu artikel lainnya dalam label Sepercik Sains dalam Al-Qur'an.

Salam

Lukman Khakim said...

Wa'alaikuum salam ....

Ok, insya Allah dalam beberapa waktu kedepan akan saya posting lagi artikel yang berhubungan dengan sains namun tidak terlepas dari Al-Qur'an.

Atas kritik dan sarannya, terima kasih

Anonymous said...

Baca juga tulisan ane ya....
http://mahad-alanshar.blogspot.co.id/2015/10/komputer-dalam-al-quran.html

rumah dijual said...

bagus

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!