/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Menggabungkan 3 Router Suse

Setelah sebelumnya berhasil mengkonfigurasi sebuah router dengan OpenSuse 11.1, kini tiba tugas selanjutnya untuk membuat 3 router sekaligus (menghubungkan 3 router). Ya, tetap menggunakan Open Source OpenSuse 11.1. Secara sekilas, hampir sama dengan pembuatan router yang pertama. Langsung saja menuju pembahasan.

Langkah-langkah membangun 3 buah router dengan menggunakan Sistem Operasi OpenSUSE 11.1 yakni sebagai berikut:

  1. Siapkan perangkat dan peripheral yang dibutuhkan, yaitu minimal 4 buah PC (3 sebagai router dan 1 buah untuk client), masing-masing 2 buah LAN card untuk router, kabel crossover dan straigh serta modem yang terhubung dengan internet.
  2. Install OpenSUSE 11.1 video mode “text mode” (minimalis) pada 3 PC. Login sebagai administrator atau dapat juga sebagai root (super administrator).
  3. Install beberapa paket yang diperlukan, yaitu iptables, mc, dan links pada Yast >> Software >> Software Management
  4. Matikan firewall pada menu Yast
  5. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara menentukan eth0 dan eth1 pada tiap-tiap router. Eth0 merupakan device (LAN Card) yang disetting untuk meneruskan IP dari gateway atas. Sedangkan eth1 merupakan device yang disetting untuk meneruskan data menuju router bawah atau client.
  6. Konfigurasi router 1 (PC 1) melalui Yast >> Network Devices >> Network Setting
  7. Konfigurasi router 2 (PC 2) melalui Yast >> Network Devices >> Network Setting
  8. Konfigurasi router 3 (PC 3) melalui Yast >> Network Devices >> Network Setting
  9. Restart masing-masing network (router) dengan perintah rcnetwork restart
  10. Lakukan perintah routing berikut: (di tiap-tiap router) => turun ke bawah
  11. Bila telah selesai, restart kembali masing-masing network dengan perintah rcnetwork restart
  12. Cek koneksi masing-masing router dengan perintah ping, yakni masing-masing melakukan perintah ping pada eth0, eth1, gateway/gateway internet, DNS 1, DNS 2 dan router/client di bawahnya serta salah satu alamat DNS, misal www.google.com
  13. Setelah berhasil semuanya, selanjutnya adalah setting pada client (menggunakan Windows XP), setting pada Control Panel >> Network Connections >> General >> Internet Protocol (TCP/IP). Isi IP Address secara manual berdasarkan konfigurasi router di atas. Client mendapatkan IP Address dari router 3.
  14. Cek koneksi client dengan perintah ping. Dapat melakukan perintah ping terhadap router 3, router 2, router 1, dan gateway internet secara satu-persatu, tujuannya adalah bila terdapat peringatan Destination Host Unreacheble dapat dideteksi dimanakah terjadi kesalahan dan kurang tepat dalam konfigurasi router. Bila telah dapat melakukan ping pada www.google.com (sebagai contoh) dan dapat melakukan browsing, maka client telah berhasil melakukan koneksi internet.
Perintah routing :
# route add default gw (diisi ip eth1, oktet terakhir diisi 1, contoh 10.10.10.1)
# iptables –t nat –A POSTROUTING –s (diisi ip eth1, oktet terakhir diisi 0 dan di akhiri dengan slash, contoh 10.10.10.0/28) –j MASQUERADE
# echo>1 /proc/sys/net/ipv4/ip_forward
# iptables-save > /etc/sysconfig/iptables


Lebih detail dan menyeluruh, file berjudul Membangun 3 Router dengan OpenSUSE 11.1, dapat diunduh pada link berikut, download

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!