/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Bersih-bersih Harddisk yuk!

Bersih-bersih harddisk, nampaknya aneh. Tapi ini cukuplah penting bagi user yang memiliki PC sendiri. Karena semakin lama, dan semakin lama penggunaan komputer, terhitung dari instalasi pertama, akan terkesan bahwa komputer berjalan sangat lamban. Entah, kebanyakan data, kurang perawatan, terlalu banyak aplikasi, spesifikasi yang minim, virus dan sebagainya. Mungkin dari sekian banyak permasalahan di atas, kita membahas pada harddisk terlebih dahulu.

Harddisk merupakan hardware yang juga perlu perawatan. Perawatan kali ini cenderung mengacu pada software, jadi bukan maintenance perangkat kerasnya (mengacu pada isinya). Terdapat beberapa cara untuk melakukan bersih-bersih harddisk, diantaranya:

Menggunakan tools bawaan sistem operasi (kali ini Windows XP)

Disk Cleanup
Buka My Computer, lalu klik kanan pada salah satu drive (C, D, E, atau yang lainnya), pilih menu Properties, lalu klik . Tunggu beberapa saat. Lalu centang pada option yang akan dibersihkan, misal pada Recycle Bin, klik . Maka akan segera bersih. Perhatikan gambar berikut:


Error Checking
Buka My Computer, klik kanan pada salah satu drive (C, D, E, atau yang lainnya), pilih menu Properties, arahkan kembali pada menu Tools dan klik . Karena Anda sejauh ini sangat mahir, lebih baik lihat pada gambar berikut:

Defragment
Buka My Computer, klik kanan pada salah satu drive (C, D, E, atau yang lainnya), pilih menu Properties, arahkan kembali pada menu Tools dan klik . Sekali lagi, karena Anda sejauh ini sangat mahir, lebih baik lihat pada gambar berikut:

Menggunakan sedikit scipt (yaa... bawaan Windows juga sih...)

Untuk ngebersihin harddsik dari sampah-sampah seperti Temp, History, Cookies, dsb. Kita dapat membuat file dengan berekstensi .bat, misal bersih2.bat. Buka notepad ketikkan kode berikut dan simpan dengan atauran main tadi. Lalu jalankan file tersebut.

Menggunakan aplikasi tertentu
Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi maupun software terkait maintenance harddisk, yang sering kita dengar adalah TuneUp Utility. Tetapi kali ini saya menunjukkan aplikasi yang sangat kecil yang dapat melakukan bersih-bersih sampah/file-file yang kurang berguna di harddisk, yaitu ATF-Cleaner (49,5 Kb). Berikut sceenshootnya. Nah, pilih beberapa option yang ingin dibersihkan, lalu klik Empety Selected. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai cleaner blowser Firefox dan Opera.

Sekian, semoga bermanfaat, amiin ...

5 komentar:

Anonymous said...

Apakah cara di atas bisa digunakan untuk bersih-bersih flashdisk?

Lukman Khakim said...

jelas, cara di atas juga dapat digunakan untuk flasdisk, tp saya sarankan gunakan langkah pertama yaitu "menggunakan tools bawaan sistem operasi", so yg paling sering dilakukan pd flasdisk itu error checking dan defragment, sedangkan yg lain tidak.

semoga bermanfaat, amiin

lowongan pekerjaan said...

thanks infonya

Anonymous said...

makasih ya...

admin said...

sama2, kalo bisa cantumkan link atau email, agar admin bisa berkunjung balik, heheh, itung2 silaturrahmi

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!