/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Setting Web Database dan Instalasi CMS Wordpress di OpenSuse

Jika pada percobaan pertama, kita menggunakan paket XAMPP for Linux yang didalamnya telah terdapat paket apache, mysql dan phpmyadmin yang telah dipack menjadi satu. Kelemahannya, kita haruslah mendownload paketnya yang relative besar dan OpenSuse tidak menyertakan paket itu dalam DVD-Installernya. Jadi langkah mudah yang dapat dilakukan yaitu menginstall paket-paket tersebut dari DVD-Installer OpenSuse, lemahnya, harus satu-persatu. Untuk lebih jelasnya, dapat diamati pada langkah-langkah berikut:
  1. Install paket-paket yang diperlukan yaitu: apache2, apache2-example-pages, apache2-mod_php5, php5, php5-mysql, dan mysql
  2. Edit file httpd.conf pada directory /etc/apache2 => vi /etc/apache2/httpd.conf
  3. Tambahkan kata index.php pada DocumentIndex, sehingga menjadi DirectoryIndex index.php index.html index.html.var (line 167)
  4. Edit file default-server.conf pada directory /etc/apache2 => vi /etc/apache2/default-server.conf. Cari bagian kata Options None, lalu ganti kata None menjadi All. (line 22)
  5. Masuk pada directory /etc/apache2/vhost.d, pada directory itu terdapat file bernama vhost.template, copy file tersebut dengan nama lain berekstensi .conf misal cp vhost.tempate lukman.conf
  6. Edit lukman.conf :
  7. Tambahkan NameVirtualHost *:80 di atas VirtualHost :80 Edit ServerAdmin menjadi webmaster@lukman.net (misal) Edit ServerName menjadi www.lukman.net Edit DocumentRoot menjadi /srv/www/htdocs (directory dapat diubah, misalkan /home/user/public_html)
  8. Setelah itu, coba restart apache, cek pada client, coba browsing ketikkan nama domain www.lukman.net, secara default akan tampil sebagai berikut
  9. Selanjutnya, bagaimana cara kita mengolah web server tersebut dengan CMS yang kita miliki, misalkan joomla dan wordpress.
  10. Ekstrak salah satu CMS yang akan digunakan, misalkan wordpress (paket terletak pada directory /home/CMS => tar zxvf /home/CMS/ wordpress-2.0.5.tar.gz –C /srv/www/htdocs.
    Maka secara otomatis akan tercipta directory baru bernama wordpress pada directory /srv/www/htdocs
  11. Copy file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php
    => cp /srv/www/htdocs/wordpress/wp-config-sample.php /srv/www/htdocs/wordpress/wp.config.php
  12. Edit file wp.config.php => vi wp.config.php
  13. define('DB_NAME', 'wordpress'); // Name database define('DB_USER', 'lukman'); // Nama MySQL define('DB_PASSWORD', 'admin'); // Password MySQL define('DB_HOST', 'localhost'); // Nama rujukan
  14. Edit kembali file lukman.conf. Edit DocumetRoot menjadi /srv/www/htdocs/wordpress.
  15. Beri hak akses user agar dapat konfigurasi wordpress di client
  16. => chmod 777 /srv/www/htdocs/wordpress
  17. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk pembuatan database:
  18. mysql -u root -p Enter password: (biarkan kosong, langsung enter) Welcome to the MySQL monitor. Commands end with ; org. Your MySQL connection id is 1 Server version: 5.0.67 SUSE MySQL RPM Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the buffer. mysql > CREATE USER 'lukman'@'localhost' identified by 'admin'; Query OK, 0 rows affected (0.00 sec) mysql > CREATE DATABASE wordpress ; Query OK, 1 row affected (0.00 sec) mysql > GRANT SELECT,INSERT,DELETE,UPDATE,CREATE,DROP ON wordpress.*TO 'lukman'@'localhost' ; Query OK, 0 rows affected (0.01 sec) mysql > exit Bye Keterangan: SELECT (mengijinkan user untuk memilih data dari table database) I NSERT (mengijinkan user untuk memasukan data ke dalam table database) DELETE (menghapus data pada database) UPDATE (mengubah data dalam database) CREATE (menulis data pada database) DROP (menghapus table dalam database)
  19. Restart kembali apache => rcapache2 restart
  20. Cek kembali pada client, bila tampil sebagai berikut, maka berhasil
  21. Lanjutkan proses instalasi CMS wordpress
  22. Login dan Coba lihat kembali halaman www.lukman.net
  23. Selesai, demikianlah langkah demi langkah pembuatan Web Server.

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!