/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Mengatasi pesan Error Loading Feed Data pada Joomla

Joomla merupakan salah satu CMS yang sangat user friendly, terbukti dengan begitu mudahnya pada saat melakukan instalasi. Kita hanya perlu memasukkan data-data seperlunya, maka joomla akan terinstall. Di akhir acara, dia (joomla maksudnya) mengeluarkan peringatan untuk menghapus directory installation, yang berisi modul-modul penginstallan sebagai syarat situs joomla bisa aktif dan bila kita belum menghapusnya maka si Joomla akan menampilkan pesan perintah menghapus tersebut terus-menerus. (sebenarnya ga' harus dihapus, rename juga bisa, tapi apa salahnya patuh ama perintah).

Saat selesai, kita coba untuk login sebagai admin untuk melakukan setting / konfigurasi, hal ini membawa ke form login administrator. Seusai memasukkan username dan password, tekan enter, nah... di sini biasanya muncul kejanggalan yang tidak diharap-harapkan, loadingnya lamaaa, padahal servernya ga' ada 1 meter jaraknya. Dan kira-kira 1-2 menit menunggu (wow, lama juga ya, login facebook, yahoo, atau gmail yang servernya di US saja ga sampai 1/2 menit), akhirnya muncul juga control panelnya Joomla. Dan benar, ada masalah, coba perhatikan palang merah melintang berikut:
1 error loading feed data
Mungkin itu penyebab terjadinya lemot luar biasa pada content Web Server yang jaraknya tak lebih dari 1 meter itu.

Setelah tanya-tanya teman, ah.. ga' ada yang tau, tanya guru (ah... paling-paling sama, hehe, dan pasti disuruh cari di internet), lebih baik tanya langsung pada Mbahh Google. And I get it. Dan memang benar itu penyebabnya.
Langkah-langkah untuk menghilangkan pesan "Error loading feed data" tersebut yaitu dengan cara:
Masuk pada menu Extensions, Module Manager. Pilih pada tab Administrator. Centang pada sub Joomla! Secuurity Newsfeed. Terakhir klik pada green cheklist sehingga berubah menjadi red cross (silang merah). Selesai
2 mengatasi error loading feed data

Mudah bukan. Coba logout, dan coba login kembali. Insya ALLAH, 50 kali lebih cepat dari login pertama (kali ini ga kalah dengan server facebook, yahoo ataupun gmail). Selidik punya selidik, situs berjalan lambat pada waktu login pertama karena joomla harus me-loading dulu sindikasi dari luar. Oh ya lupa, versi joomla yang seringkali muncul masalah seperti ini adalah Joomla versi 1.5.xx.
Bagi teman-teman yang memiliki permasalahan yang sama, semoga solusi di atas dapat menjadi referensi dan menambah pengetahuan.
Sekian, semoga bermanfaat, amiiiin ....

4 komentar:

dian said...

sippp tengkyuuuhhh ^^
maksih yuuaaa

admin said...

ya, sama2

DIGTUTS Indonesia said...

Buku dan Video Tutorial "Joomla 3 & Gantry Framework"

http://www.digtuts.com/products/ebook-joomla-3

Lukman Khakim said...

@ DIGTUTS Indonesia, terima kasih, bahkan sampai di kasih link buku sama video tutorialnya, sipp

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!