/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Setting VoIP Server

VoIP adalah singkatan dari Voice over Internet Protocol. Sering kita kenal dengan istilah Internet telephony, IP Telephony, atau Digital Phone. Proses pengiriman suara pada VoIP  adalah dengan cara pengiriman suara melalui protokol internet (IP). Sehingga dengan teknologi  VoIP  ini memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode  digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telephone biasa.
Keuntungan VoIP
  • Biaya yang  rendah untuk sambungan langsung jarak jauh. Karena penekanan  utama dari VoIP adalah biaya. Untuk dua lokasi yang terhubung dengan internet  maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  • Memanfaatkan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Bagi perusahaan sudah mempunyai infrastruktur jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah. Karena tidak  diperlukan tambahan biaya bulana n untuk penambahan komunikasi suara VoIP.
  • Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice, sekarang ini menjadi sangat kecil.
  • Teknik pemampatan data memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8 KBPS bandwidth. Dapat bergabung dengan jaringan telepon local yang sudah ada.
  • Dengan adanya gateway bentuk jaringan VoIP bisa disambungkan dengan PABX  yang ada dikantor. Komunikasi antar kantor bisa menggunakan pesawat telepon biasa.    Berbagai bentuk jaringan VoIP bisa digabungkan menjadi jaringan yang bes.
Kelemahan VoIP
  • Kualitas suara tidak sejernih Telkom. Hal ini sering terjadi karena efek dari kompresi suara dengan bandwidth kecil maka akan ada penurunan kualitas suara dibandingkan jaringan  PSTN konvensional. Namun jika  koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet pita-lebar/broadband seperti Telkom Speedy, maka kualitas suara akan jernih - bahkan lebih jernih dari sambungan Telkom dan tidak terputus-putus.
  • Ada jeda dalam berkomunikasi. Proses perubahan data menjadi suara, jeda jaringan, membuat adanya jeda dalam komunikasi dengan menggunakan VoIP. Kecuali jika menggunakan koneksi Broadband (lihat di poin atas).
  • Regulasi dari pemerintah RI membatasi penggunaan untuk disambung ke jaringan milik Telkom. Jika belum terhubung secara 24 jam ke internet kita butuh janji untuk saling berhubungan.    Jika memakai internet dan komputer dibelakang NAT (Network Address Translation), maka dibutuhkan konfigurasi khusus untuk membuat VoIP tersebut berjalan.
  • Tidak pernah ada jaminan kualitas jika VoIP melewati internet.
  • Peralatan relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP telephony gateway) relatif berharga mahal. Diharapkan dengan makin populernya VoIP ini maka  harga peralatan tersebut juga mulai turun harganya.
  • Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi  dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran.
Dalam instalasi VoIP Server ini, yang diperlukan yaitu sebuah PC dengan NIC serta CD VoIP Asterisk Installer yang dapat didownload di internet. Mudah saja dalam proses instalasinya. Pertama, boot dari CD-Drive, akan tampil screen pertama asterisk, tekan saja enter, tunggu beberapa saat hingga tampil window untuk mengisi password (untuk root). Setelah selesai, akan terjadi proses compile yang cukup lama (tampilan berupa scipt-script aneh dan tidak beraturan, tapi tak masalah).
Setelah selesai, login dengan root, dan isikan password yang telah dibuat sebelumnya. Hal berikutnya adalah setting network, ketikkan netconfig akan tampil window seperti berikut
1 netconfig
Isi IP Address (ex. 172.16.0.2), Netmask (255.255.0.0) dan Primary DNS dengan IP Address (sama dengan IP Address), OK. Setalah itu, restart network dengan perintah /etc/init.d/network restart atau service network restart.
Lalu setting VoIP secara GUI melalui browser (setting IP Komputer/Laptop sekelas dengan IP VoIP Server). Ketikkan IP 172.16.0.2 pada address bar. Akan tampil sebagai berikut.
2
Masuk pada FreePBX Administrasion, maka akan tampil form authentifikasi sebagai berikut:
3 maint pass
Isi username "maint" dan password "password". OK. Klik pada menu setup (atas), akan tampil red line pada bagian atas, klik red line tersebut.
4 setup 1st
Masuk pada Module Admin, install dan enabale pada paket Aplications dan Core
5 install2
Setelah itu, klik pada Extensions, klik pada protocol SIP
7 sip

Buat account baru (SIP baru), isikan pada Extension Number (ex. 11111), Display Name (ex. admin), dan secret (sama dengan Extension Number). Kemudian submit.
8 buat sip baru

Setelah Anda men-submit, akan kembali tampil red line di atas, klik pada red line tersebut. Buat account-account SIP yang lain (misal, us2 dengan number 22222).
9 semua sip

Konfigurasi VoIP Server sederhana telah selesai, selanjutnya mengetes VoIP tersebut, sediakan minimal 2 buah komputer/laptop (saling berkomunikasi). Untuk dapat berkomunikasi satu sama lain, Anda memerlukan suatu aplikasi pembantu, yaitu Eyebeam (atau dapat juga menggunakan softaware yang sejenis). Pada kesempatan kali ini saya menggunakan Eyebeam. Jalankan software ini, tampilan software ini seperti handphone.
Hubungkan VoIP Server dan 2 PC/laptop dengan sebuah switch / hub.
Tambahkan SIP Account, dengan klik kanan, maka isikan informasi yang diperlukan (display name = "admin", username, password, authorization username = "11111", domain = "172.16.0.2", centang pada "Enable the SIP account", klik Apply dan OK.
10 edit eyebeam
Maka akan tampil sebagai berikut:
11. result of eyebeam 1
Setting pula komputer/laptop lain dengan account yang lainnya (us2). Kemudian tes komunikasi di antara keduanya. Telepon PC 1 dari PC2, ketikkan nomor 11111 dari PC 2, maka akan tampil sebagai berikut pada PC 1.
12 panggilan

Sekian, untuk konfigurasi dasar VoIP Server kali ini, semoga bermanfaat.

Keterangan : Untuk praktik ini, hardphone (telephone) digantikan dengan softphone.


Source : www.voiprakyat.or.id

5 komentar:

Andriyat said...

Mantap Posting"nya

tukeran link sob TKJ

Tukeran Link Blog TKJ

herry_wibowo said...

mantap bro ,oh ya kalau mau menggabungkan ke pabx line gimana caranya brow trims

Lukman Khakim said...

hehe, maaf, apa itu pabx?
ane ga paham,,,
udah bertahun2 kagak main2 VOIP lagi...
sekarang ane pindah haluan ke jurusan laen, sepurane brooo

a said...

cocok ah

rumah dijual said...

thanks infonya

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!