/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Silica Gel, Si kecil yang Bermanfaat

silica gelPernahkah Anda membeli barang elektronik, kemudian menemukan sebuah plastik kecil yang di dalamnya terdapat seperti kerikil-kerikil kecil? Apakah itu? Untuk apa pabrik memberi benda semacam itu pada barang elektronik yang kita beli?

Benda itu bernama Silica Gel atau Silocon Gel. Silica Gel merupakan 
bentuk dari silika yang dihasilkan melalui penggumpalan sol Natium Silikat (nih saya cantumkan rumus kimianya juga, NaSiO­2) yang didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini yang menjadikan silika gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis.
silica gel2Silica gel mencegah terbentuknya kelembaban yang berlebihan sebelum terjadi penjamuran. Pihak pabrik dan industri mengetahui hal ini, kerena itu mereka selalu memakai silica gel dalam setiap pengiriman barang-barang mereka yang disimpan dalam kotak. Hal demikian bertujuan agar selama perjalanan menuju konsumen, barang tidak rusak atau mengalami gangguan karena masalah-masalah non-teknis, seperti suhu kendaraan terlalu panas, barang berjamurm dsb. So, akhirnya, bahan inilah yang digunakan sebagai solusinya. Silica gel aman digunakan untuk menjaga kelembaban makanan, obat-obatan, bahan sensitif, barang elektronik, dan barang optik sekalipun.
Produk anti lembab ini menyerap kelembaban tanpa merubah kondisi zatnya. Walaupun dipegang, butiran-butiran silica gel tetap kering. Jadi bahan ini aman untuk dipegang secara langsung, tapi tidak disarankan untuk main-mainkan secara langsung. Sebab, terdapat kondisi tertentu, dimana kadar silica gel ini lebih tinggi dan berpotensi menimbulkan tsunami iritasi, sehingga dilindungi / dilapisi dengan kantong ajaib doraemon plastik kecil.

Sayang, sungguh sayang. Benda butiran ini ada masa aktif dan tenggangnya. Warna asli (defaultnya, haha...) dari silica gel adalah biru. Namun, ketika silica gel terlah menyerap banyak kelembaban, ia akan berubah warna menjadi pink (merah muda). Dan tidak bisa menyerap kelembaban lagi, dan tidak berfungsi.

Anda dapat menggantinya dengan yang baru. Tapi tenang, bagi yang suka gratisan, ada cara lain untuk menghidupkan kembali (re-life, ce' ile) si silica gel dengan cara menghangatkannya di dalam mesin oven. Panas dari oven akan mengeluarkan kelembaban, sehingga warnanya akan kembali berubah dari pink menjadi biru. Hidup, gratisan !!

Jadi, ketika Anda menemukan benda aneh dalam barang-barang elektronik Anda, jangan terkejut, jangan dibuang, apalagi dimakan, itulah yang namanya Silica Gel, yang keterangannya telah jelas di atas. Benda ini disertakan oleh pabrikan ketika membeli barang elektronik, semisal laptop. Jelas, fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban laptop seusai dipakai. Jadi ada baiknya, ketika selesai memakai laptop, kita letakkan laptop sebentar (mengangin-anginkannya sejenak), 15-30 menitan, barulah dimasukkan dalam tas laptop, yang telah ada silica gel-nya. Itu jauh lebih bagus dari pada cara lain.

Ketika selesai menggunakan laptop, janganlah langsung menutupnya (plak, rapat-rapat), lantas menyimpannya dapat tempat rapat nan pengap. Jadi usahakan suhu sistem laptop Anda menjadi rendah. Ok, sekian, belajar kita hari ini , semoga bermanfaat, amiiin .......

Sumber : kaskus.com dengan berbagai suntingan didalamnya

7 komentar:

Yul Yuliani said...

kak mau nanya kalau misalnya silica gel itu masuk ke dalm laptop gmana kak... apakah dapat merusak laptop..?
mohon penjelasannya

Lukman Khakim said...

haa.. kok bisa masuk ke dalam laptop yaakk.. kalau jumlahnya sebutir dua butir ndak masalah, lama2 si silika gel ini akan menguap dengan sendirinya, makanya biasanya sama toko2 di kasih bungkus plastik biar awet...

kalo yg masuk ke laptop itu satu genggam, hufftt... bisa berisik tuh laptop.. mending di buka chasing laptopnya, terus keluarin tuh silika nya...

maaf telat jawab :)
thanks for visiting

Yul Yuliani said...

ya nggak sengaja gel silika itu robek d dlm tas lptop jd isinya brhmburan dan msuk k lptop mllui ventilasi sblah kanan... kira2 2/3 butir lah yg msuk

Lukman Khakim said...

Insya Allah ndak papa kalo 2-3 butir saja, nanti juga menyublim dengan sendirinya kya kapur barus.. apa smpai sekarang masih ada tanda2 si silika itu?

Yul Yuliani said...

udah agak mendingan kak....

Unknown said...

bang klo di jemur bisa aktip ga silica jelnya

Desiccanto Surabaya said...

Jual silica gel blue murah surabaya
http://desiccanto.blogspot.com/2016/12/silica-gel-blue-curah-packing-1kg-murah.html

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!