/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Dibutuhkan 10 juta karyawan !

Percayakah Anda, bahwa ada perusahaan yang membutuhkan karyawan/karyawati sebanyak 10 juta orang? Menurut mereka, semakin banyak karyawan semakin baik. Mereka menyebar dan menempelkan pengumuman atau sejenisnya di jalanan. Tidak ada batas usia, pendidikan minimal SMA/K sederajat dari jurusan apapun. Melihat info itu, aku yang butuh kerja, mataku sangat sensitif melihat kata-kata "LOWONGAN KERJA". Tertarik menelusuri jejak mereka, ikuti selengkapnya.

Namanya butuh, ya pasti tertarik. Dibagian bawah  pengumuman tersebut terdapat contact personnya. Dengan format tertentu (kakean model, kyo melu kuis ae ..) akhirnya perang sms tak dapat terelakkan antara aku dan HRD (gw, tulis Mr. ####, ngakunya gitu).

Berikut cuplikan smsnya :
SAYA Maaf pak, saya Lukman. Benarkah ini dengan pak ##### (sms pertama, sekedar chek, apakah no. aktif)
SAYA Lukman, 18 thn, Pandaan-Pasuruan, SMK tahun 2011 jurusan TKJ (sms ke-2, format dari lowongan)
Mr. #### Mf bru bales, y dg saya sendiri
Mr. #### *PANGGILAN RESMI* (wus, panggailan resmi, cepet banget, ngalahin bis patas) Untuk anda BESOK antara jam 08.00-13.00 bawa lamaran ke PT. ###### JL. BRIGJEN KATAMSO RUKO REWIN P-7 NO.4, ######,#######. Depan pintu kluar terminal ######, ada pabrk paku (masuk ke arah timur +/- 3 km) KIRI JLN sblm SMP 1 ####, sblh klinik keluarga/warung soto Madura. (kok sepertinya terpencil sekali, pinggir warung segala) Lamaran di tujukan kpd Bpk. ##### (div HRD) langsung interfiu (hmmm... ga ada seleksi lamaran, trus untuk apa buat lamaran), dan siap kerja. Tempat kerja boleh pilih cabang #####, ####, #####. SIAP/TIDAK.blz (buset, ada kata2 siap/tidak nya segala)
SAYA (setelah sebentar membaca) sepertinya sy tidak bisa bekerja di tempat bapak, karena saya hanya bs bkerja 2 bulan saja
Mr. #### Ya gpp, tapi kenapa? (perhatikan, masak HRD tanya2 alasan kenapa kita kagak bisa kerja)
SAYA Sebenarnya ….. (gw jelasin sinopsisnya pd ybs)
Mr. #### Oh, ya udah. Tp kalo mau/berminat datang saja ke tempat saya. (dia msh berharap)
SAYA Terima kasih (entah, mengapa aku ngucapin "terima kasih" pd beliau, hahaha... adab, sama orang tua)

Namanya HRD yang mbales, ya cukup seneng (kala itu). Tapi timbul kecurigaan, kok mau-maunya HRD sms sama calon karyawannya, orang yang sudah jadi karyawan saja, biasanya ogah-ogahan. Menurutku, HRD itu orangnya tertutup, kejam, apatis, sok jadi bos yang tebang pilih karyawan, kadang-kadang asal-asalan. Seharusnya Mr. #### bisa jadi sedikit contoh bagi HRD-HRD lain.
Akhirnya, investigasi kulakukan. Aku hendak mencari info dari internet, tapi kagak ada akses internet di rumah, terpaksa aku minta bantuan Teguh (telo9, hobinya kaskus-an, sore sob !!!), awalnya basah-basih, dan akhirnya I get, what I want. Dia beri tahu katanya perusahaan tersebut "KURANG NGGENAH", mendengar seperti itu, aku merasa kurang percaya, akhirnya keluar juga uang untuk pergi ke warnet, dan ternyata, bener ey... ga' nggenah (I hope u understand with "nggenah").
Berikut cuplikan komentar orang-orang yang saya dapati dari internet :
comment1
comment2
comment3  comment4
Ya sudah, yang sudah ya sudah, tiada harapan lagi untuk perusahaan itu, tapi alhamdulillah kagak jadi kejebak, apapun modusnya, buat Teguh, thanks.
Bagi teman-teman yang ingin tahu perusaahan seperti apa itu, dan apa nama perusahaan + contoh lowongan kerja yang tersebar di jalanan. silahkan klik pada link bertuliskan "download"  di bawah ini.

Kesimpulan :
Jadikan segala kejadian yang kita lalui sebagai pembelajaran dan pengalaman, karena di setiap kejadian pasti ada hikmah.

4 komentar:

Bapak SIMON MANGANDE, B.A., M.Th. said...

Perusahaan PENIPUAN yang butuh karyawan tidak terbatas itu juga pernah beroperasi di Solo. Perusahaan itu selalu berpindah-pindah dari satu alamat ke alamat yang lain, dari satu kota ke kota lain, jika kota itu sudah jenuh, sudah tahu modus penipuannya.
Saya pernah penasaran masuk melamar, kita langsung di training, diberi selembar surat katanya SK dari Jakarta, jabatan HRD. Kita selalu diberi tugas HRD. Tugas kita mencari, menyebarkan iklan, LOWONGAN itu seluas-luasnya. Lalu setiap orang yang berhasil kita TIPU kita mendapat langsung 100rb dari sekitar 700rb harga produk (biasanya kipas angin, ricecooker, dsb = taksiranku harga produk itu 300rb).
Bagaimana cara menipu orang? Kita pasang iklan di koran, radio, tv lokal, dan selebaran di sebar pada orang naik motor. Lalu kita tunggu pelamar datang di kantor. kita sudah siap dengan segala perlengkapan, harus pakai dasi. Lalu kita wawancara, meyakinkan orang itu bahwa SKnya akan datang dari Jakarta tetapi sebagai tanda jadi, Anda harus membeli produk perusahaan satu saja selamanya, bisa sekarang juga atau besok boleh. Kalau orang itu berhasil KETIPU, ditraining Sabtu berikutnya, sore, langsung Senin masuk. Kita masuk dilatih membuat iklan, menyebarkan, wawancara, sampai bisa menipu. Saya sejak training sudah sadar bahwa ini penipuan, tetapi ayolah, sudah basa, nyebur langsung berenang, untuk tahu selanjutnya.
Banyak yang mundur teratur banyak pula yang bertahan agar uang kembali. Saya sendiri bertahan dan hanya satu orang yang berhasil saya tipu, wahaha maafkan daku Ibu (seorang ibu yang ditinggal suaminya).
Saya menulis ini agar disebarkan ke seluruh negeri ini, sebab mereka bergerak ke seluruh negeri ini. Mereka kontrak, indekos, serombongan terdiri dari: tukang parkir, satpam, bagian pendaftaran, namanya direktur (yang ttd), beberapa pewawancara utama, lalu orang di kota setempat yang sempat tertipu.
Waktu itu saya mau melapor ke polisi, tetapi takut dikriminalisasi, sebab saya pikir pasti ada tangan KUAT di balik SISTIM PENIPUAN ini.

admin said...

Terimakasih pak atas masukan-masukannya. Untungnya saya masih belum terjebak didalamnya. Alhamdulillah

indra said...

wah, posting anda sangat bermanfaat sekali!!

admin said...

eh, indra mampir, jarang-jarang lho mampir, apalagi sampe beri komentar, hahahaha, thanks a lot.

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!