/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Belajar dari Super Mario

Siapakah sosok kartun di samping ? Pasti semua diantara kita mengenalnya. Ya, dialah Mario. Kita mengenalnya mulai dari kecil, tingkat SD kala itu. Game Super Mario merupakan salah satu game yang populer kala itu. Pulang sekolah, langsung maen. Ckk.. ckk.. ck.. (itu dulu, sekarang ? tambah parah, wkwk). Karakternya yang sederhana, dan gamenya mudah dimengerti, menjadikan game ini diletakkan dalam daftar list pertama di tiap-tiap video game.
Ayo, ngaku siapa yang kagak pernah maen game ini?
Yowes (baca: ya udah), kalau kagak pernah, sekedar melihat teman main. Hampir seluruh anak-anak (specially in my era) tahu, dan pernah memainkannya. Berikut sebuah screen shoot game Super Mario, INTERMEZZO :

super mario
Gambar yang saya ambil ini, masih di dunia pertama, tempat pertama (itu sebutanku dulu). Disana ada modal jamur kuning yang wajib hukumnya diambil, lalu menyundul point-point, dst… dst….

- - - - - - - - - - cerita / sinopsisnya selesai - - - - - - - - - -

Apa yang bisa dipelajari dari game ini ? Ketika bulan Ramadhan lalu, saya menemukan hikmah dibalik game ini. Saat kita bermain, pasti kita sangat perhitungan, sangat bergairah untuk mendapatkan banyak point (catat di catetan/buku matematika! 100 point = 1 life). Bahkan 1 buah point pun terkadang kita enggan melewatkannya. Terus, kita tahu tempat-tempat tertentu yang bisa menghasilkan point / keuntungan lainnya. Seperti screen shoot berikut :

super mario secret lifeSecret  place of life

super mario secret place
Secret place of point

super mario secret world
Secret place of world zone

dan masih banyak lagi tempat-tempat yang di design untuk mendapatkan point-point lebih. Hebat bukan creator / anggaplah SUTRADARA game ini.

Lantas, siapakah SUTRADARA kehidupan ini ? Dialah Allah SWT yang Maha Kuasa. Dia mengatur segala apa yang ada di langit dan di bumi, serta apa yang ada diantaranya. Tanpa kita sadari,  Allah SWT  telah menyediakan begitu banyak point-point yang dapat kita petik, atau kita sapu bersih. Contoh point-point dalam keseharian kita dalam bidang sholat adalah ketika sholat subuh (ada kobliyah subuh), menjelang siang, ada sholat dhuha. Dhuhur, shalat sunnah kobliyah dan ba’diyah. Asyar, ada shalat kobliyah (tapi jarang), maghrib (ba’diyah maghrib), isya (kobliyah dan ba’diyah). Di malam hari, ada point sholat malam. Terus ada point-point untuk membaca Al-Qur’an, puasa sunnah, dan lain sebagainya yang bisa kita kumpulkan. Jelas istilah point akan menjadi pahala.

Kembali ke Super Mario, sudahkah kita merasa eman (sayang kalo terlewati) terhadap pahala-pahala itu, sudahkah kita tau dimana letak atau tempatnya, serta waktu pahala-pahala itu muncul ???
Kesimpulan :
Pasti ada hikmah dibalik setiap kejadian, termasuk Super Mario. Super Mario menginspirasi kita untuk mengumpulkan point sebanyak mungkin berupa pahala.
Sekian, semoga bermanfaat, amiiiin ….

1 komentar:

Anonymous said...

benar...benar, Anda benar. Tambah postingannya ya !!!

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!