/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Punyamu mati, punyaku enggak !!

pengkabelan 3 fasaPernahkah listrik di rumah Anda mati?, sedangkan tetangga sebelah rumah malah asyik-asyik disko dan karaoke pake tape (tetangga yg kurang ajar). Padahal jarak rumah kita sangatlah berdekatan dengan rumah mereka. Mungkin sobat sudah pernah mendengar alasan ini dari petugas PLN, bahwa rumah Anda beda saluran (line) dengan rumah lainnya yang listriknya tidak mati.


Berikut gambaran tentang system pengawatan listrik PLN dari gardu (sumber) ke rumah-rumah warga. Pada dasarnya listrik 220 volt yang disalurkan ke rumah anda tersebut adalah aliran listrik 3 fasa (phase), tapi setelah sampai di rumah anda menjadi 1 fasa. Kalau anda pernah memperharikan tiang listrik, terus anda bertanya-tanya pada diri anda sendiri, “kenapa ada 3 kawat/saluran di tiang listrik?”. Nah, itulah kira-kira gambaran secara kasarnya system 3 fasa. Tiga fasa itu dimaksudkan disini adalah gabungan dari 3 sinyal AC tunggal (sinus) yang berbeda sudut fase. Berikut gambar sinyal AC (sinus) dari sumber utama listrik PLN (sebelum dikirim ke rumah-rumah).
3fase

Jadi, total kabel PLN itu sebenarnya ada 4 kabel,  terdapat 3 saluran (line) dan 1 kabel netral. Kemudian tiap rumah akan mendapatkan 2 kabel dari saluran tiang listrik tersebut, yaitu 1 kabel saluran (line) dan 1 kabel netral. Berikut gambar ilustrasinya:
sistem pengawatan PLN
Sedikit penjelasan mengenai gambar di atas. Terdapat simbol-simbol rumah dengan abjad yang berbeda. Sedangkan 4 garis horizontal ditengahnya adalah (Line 1,2,3 dan Netral). Listrik yang telah masuk ke rumah anda sekarang bukan lagi 3 fasa melainkan 1 fasa, karena hanya terdiri 1 saluran. Namun tidak semua bangunan di masuki oleh listrik 1 fasa, pada umumnya hotel-hotel, apartment atau gedung pencakar langit memiliki listrik 3 fasa karena memerlukan banyak daya.

stop kontak
Coba perhatikan stop kontak di samping. Pasti memiliki 2 lubang, yang satu untuk netral, yang satu lagi saluran listrik (line) yang di dalamnya ada 1 gelombang tunggal sinus (AC) 220 volt.

Sedangkan tembaga di tengah-tengah nya, itu namanya ground (tanah). Fungsinya untuk menggrounding sinyal AC sehingga efek negatifnya dapat tersalurkan atau ternetralisir ke bumi.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat, amiin ...
Mata kuliah: Dasar Sistem Tenaga & Instalasi Listrik
Source: High or Low

Update : 
Perbaikan gambar sambungan line phasa PLN :

thanks Indra

4 komentar:

Tiyas said...

Tiyas said:
super sekali.... :D
I wait for another post....

Lukman Khakim said...

ok... kapten...

Indra said...

mesti tiyas sing komen..

mohon konfirmasi

kenapa rumah F dialiri kabel hitam yang nyambung ke line kuning? apa memang begitu atau salah gambar??

Lukman said...

wahahaha, maaf bung ....
ente teliti, aye yg salah, seharusnya kabel hitam ga perlu main2 ke kabel kuning,

thanks, kapan2 tak benerin ....
i appreciate your comment

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!