/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Lebih dekat dengan nyamuk

Nyamuk secara umum

robot nyamukNyamuk adalah serangga tergolong dalam order Diptera; genera termasuk Anopheles, Culex, Psorophora, Ochlerotatus, Aedes, Sabethes, Wyeo myia, Culiseta, dan Haemagoggus untuk jumlah keseluruhan sekitar 35 genera yang merangkum 2700 spesies. Nyamuk mempunyai dua sayap bersisik, tubuh yang langsing, dan enam kaki panjang; antarspesies berbeda-beda tetapi jarang sekali melebihi 15 mm.

Dalam bahasa Inggris, nyamuk dikenal sebagai "Mosquito", berasal dari sebuah kata dalam bahasa Spanyol atau bahasa Portugis yang berarti lalat kecil. Penggunaan kata Mosquito bermula sejak tahun 1583. Di Britania Raya nyamuk dikenal sebagai gnats. 
Pada nyamuk betina, bagian mulutnya membentuk probosis panjang untuk menembus kulit mamalia (atau dalam sebagian kasus burung atau juga reptilia dan amfibi untuk menghisap darah. Nyamuk betina memerlukan protein untuk pembentukan telur dan oleh karena diet nyamuk terdiri dari madu dan jus buah, yang tidak mengandung protein, kebanyakan nyamuk betina perlu menghisap darah untuk mendapatkan protein yang diperlukan. Nyamuk jantan berbeda dengan nyamuk betina, dengan bagian mulut yang tidak sesuai untuk menghisap darah. Agak rumit nyamuk betina dari satu genus, Toxorhynchites, tidak pernah menghisap darah. Larva nyamuk besar ini merupakan pemangsa jentik-jentik nyamuk yang lain.

Bentol karena digigit nyamuk ? Kok bisa !

bentol-bentol
Bentol itu berasal dari saliva nyamuk. Saliva adalah air liur yang diproduksi manusia dan hewan di dalam mulut. Bagi nyamuk, salivanya spesial karena salivanya membuat darah manusia tidak menggumpal. Jadi, lebih mudah bagi si nyamuk untuk menyedot darah manusia. Namun, bagi manusia, salivanya membuat bentol dan rasa gatal pada kulit.

Saliva nyamuk masuk ke kulit manusia ketika nyamuk mulai menyedot darah. Setelah selesai menyedot darah, nyamuk pergi. Tetapi, salivanya tetap tertinggal di dalam tubuh manusia. Saat itulah sistem kekebalan tubuh manusia mengeluarkan antibodi. Antibodi adalah protein dalam darah yang digunakan untuk melindungi tubuh dari benda asing, seperti bakteri atau virus. Nah, antibodi bereaksi sehingga menimbulkan bengkak atau bentol pada kulit manusia. Bentol akibat gigitan nyamuk akan hilang dalam beberapa jam atau hari. Namun, ada juga orang yang sangat alergi terhadap saliva nyamuk sehingga perlu berobat ke dokter.

Orang-orang yang mudah digigit nyamuk
  1. Memiliki kolesterol dan steroid tinggi. Orang yang memiliki kadar kolesterol dan steroid tinggi dikulitnya cenderung lebih sering digigit nyamuk. Umumnya nyamuk akan mengikuti seseorang yang menghasilkan banyak kolesterol dikulitnya.
  2. Orang dengan kadar asam urat yang tinggi. Bau yang begitu kuat dari asam urat akan memungkinkan bagi nyamuk untuk mengikuti arah bau tersebut dan menggigitnya.
  3. Orang yang banyak mengeluarkan karbon dioksida. Nyamuk akan sangat tertarik dengan karbon dioksida yang dikeluarkan oleh tubuh, karenanya orang dengan kadar karbondioksida tinggi cenderung lebih sering digigit nyamuk.
  4. Ibu hamil. Umumnya napas yang dikeluarkan oleh ibu hamil mengandung kadar karbondioksida yang lebih tinggi sehingga kesempatannya lebih besar untuk digigit nyamuk.
  5. Orang dengan golongan darah tertentu. Jenis golongan darah yang berbeda akan mengeluarkan bau yang berbeda pula sehingga ada yang menarik dan juga tidak menarik bagi nyamuk. Misalnya golongan darah O memiliki bau tertinggi dalam cairan tubuhnya yang lebih mudha bagi nyamuk untuk mendeteksi.
  6. Orang dengan kulit lembut. Orang dengan kulit lembut akan memudahkan nyamuk untuk menembus ke dalam daging. Setelahnya ia akan memiliki kemudahan tersendrii dalam menyedot darah.
  7. Orang yang mengeluarkan panas tubuh. Nyamuk menyukai panas karenanya jika seseorang merasa atau mengeluarkan panas dari tubuhnya akan lebih memberi kesempatan bagi nyamuk untuk menggigit.
  8. Orang yang sedang beraktivitas di luar ruangan. Umumnya nyamuk akan mencari objek yang bergerak karenanya banyak orang yang bermain di luar ruangan akan mendapat banyak gigitan nyamuk.
  9. Orang yang malas mandi. Nyamuk akan lebih suka dengan orang yang bau (heheh, just kidding).
  10. Orang yang beraktifitas di ruang yang gelap. Ayoo, ngapain ??
Mengapa nyamuk lebih senang dengan warna hitam ?

Tahukah Anda mengapa nyamuk suka terbang di atas benda yang berwarna hitam atau gelap?

Sebenarnya nyamuk tidak bisa melihat dengan baik, sehingga nyamuk suka terbang di atas benda yang berwarna hitam, bukan karena dia tidak suka benda yang berwarna pink, kuning, atau yang selainnya, tetapi ini ada hubungannya dengan sifat warna hitam, dan sensor panas milik nyamuk.

Warna hitam lebih menyerap panas.

Pada warna hitam, semua spektrum cahaya diserap, oleh karena itu energi radiasi yang diterima pada warna hitam menjadi semakin besar seiring bertambahnya spektrum cahaya yang diserap. Sebaliknya, pada warna putih semua spectrum cahaya dipantulkan sehingga efek yang dirasakan lebih sejuk. Tentunya bukan warna hitam saja yang dapat menyerap semua spectrum cahaya, tetapi semua warna gelap contohnya merah, tetapi penyerap panas yang terbaik adalah warna hitam.

Kesimpulan dari efek yang dihasilkan cahaya yaitu, bila cahaya bertemu dengan warna yang terang (misal putih) maka cahaya tersebut akan dipantulkan, kemudian bila cahaya bertemu dengan warna gelap (mis. hitam) maka cahaya akan diserap. Oleh karena itu, beberapa orang menggunakan cat putih pada genteng rumah atau pun kantor untuk menimbulkan efek sejuk pada lingkungan sekitarnya. Dengan dipantulkannya cahaya/sinar matahari, maka suhu di permukaan benda akan turun sehingga lingkungan sekitar tidak akan terasa terlalu panas bila sinar matahari sudah semakin terik. Contoh lainnya adalah suhu dalam mobil hitam akan terasa lebih cepat panas saat terkena sinar matahari di siang hari (tanpa AC).

Sehingga ….

Nyamuk mempunyai reseptor panas yang sangat baik. Reseptor nyamuk ada di bagian bawah perutnya tersebut. Reseptor ini berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembaban. Reseptor tersebut mampu membedakan panas yang dipancarkan oleh berbagai benda. Panas yang dipancarkan benda akan menarik nyamuk datang. Benda-benda gelap (terutama warna hitam) biasanya mudah menyerap panas, tetapi juga mudah memancarkan panas yang akan menarik nyamuk datang.
Nah, itulah penjelasan tentang mengapa nyamuk lebih suka rambut atau pakaian kita yang berwarna hitam atau gelap.

Binatang yang menyumbang angka kematian paling tinggi
  • Peringkat 10 = (100 orang/tahun) ubur-ubur
  • Peringkat 9 = (200 orang/tahun) kuda nil
  • Peringkat 8 = (250 orang/tahun) singa
  • Peringkat 7 = (400 orang/tahun) lebah
  • Peringkat 6 = (500 orang/tahun) banteng afrika
  • Peringkat 5 = (600 orang/tahun) gajah
  • Peringkat 4 = (2000 orang/tahun) buaya
  • Peringkat 3 = (5000 orang/tahun) kalajengkin
  • Peringkat 2 = (10000 orang/tahun) ular
  • Peringkat 1 = (2-3 juta orang/tahun) nyamuk
Tanaman pengusir nyamuk

Geranium
Zodia
Serai wangi
Akar Wangi
geranium
zodia
serai wangi
Akar wangi
Lavender
Rosemary
Kecombrang
Citrosa Mosquito
lavender
rosemary
kecombrang
Citrosa-Mosquito
Untuk penjelasan atau deskripsi masing-masing tanaman, dapat sobat lacak di om Google.

Unik, software pengusir nyamuk !!!

Software pengusir nyamuk ini bisa kita dapatkan secara gratis. Walaupun gratis, manfaat dari software ini banyak sekali. Karena selain mengusir nyamuk, software ini juga bisa mengusir serangga lain seperti kecoa, lalat, jangkrik, semut, dan serangga lain yang biasanya ada di dalam rumah kita. Bahkan software ini juga bisa mengusir tikus yang sangat mengganggu.

Mungkin muncul pertanyaan, bagaimana cara kerja software ini sehingga bisa mengusir serangga bahkan tikus yang mengganggu. Cara kerja software ini sangat sederhana yaitu menghasilkan suara ultarasonic dengan frekuensi 20.000 Hz – 65.000 Hz.

Suara ini dihasilkan dari speaker internal yang terdapat di PC, jadi kita tidak perlu menambahkan speaker eksternal. Suara ultrasonic ini bisa didengarkan oleh serangga dan tikus dan akan sangat mengganggu mereka sehingga membuat serangga dan tikus itu menjadi tidak betah. Walaupun sangat mengganggu untuk serangga dan tikus, suara ultrasonic ini tidak bisa didengar manusia sehingga aman untuk manusia. Manusia hanya bisa mendengar suara dengan frekuensi 20 Hz hingga 20.000 Hz.

Software ini bernama SEA Anto MoSquITOes.

2 komentar:

Unknown said...

maaf apa bisa pertanyaannya bisa di perjelas....no 1 tuh proteksi yang kayk gimana,,,apakah proteksi folder atau drive...apakah proteksi permission....dan memproteksi windows explorer....

trus nmr 2 yang bagian mana...apakah yg sudut kanan bawah yg RECOMMENDED FOR YOU itu....

q tunggu penjelasannya

Unknown said...

coba lihat di blogq...sudah saya posting...yg nmr 2....kl untuk nmr 1 kita bisa lakukn secara manual tanpa software...

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!