/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Klik Kanan Refresh | Mitos

Anda pastinya sudah familiar dengan fasilitas Refresh yang ditawarkan oleh Windows? Klik kanan, terus refresh, klik kanan refresh, dikit-dikit refresh. Apalagi mereka yang kecanduan, ehh... tombol F5 di tekan terus. Nggak didesktoplah, diwindowlah, dimana-mana maunya refresh terus. Apakah memang benar refresh itu akan membuat komputer lebih fresh / segar ?

Coba perhatikan capture berikut :

Samakah fungsi refresh pada browser (gambar a) dengan refresh pada desktop (gambar b)? Perlu diketahui refresh pada desktop berbeda dengan refresh page atau reload page pada browser. Kadangkala karena lalu lintas internet yg macet, padet, plus ruwet, ada halaman internet yang tidak dimuat secara sempurna. Nah, fungsi refresh pada browser ini adalah untuk memuat kembali halaman yang gagal dimuat sebelumnya. Sedangkan, refresh pada desktop memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol refresh yang terdapat di dalam browser.

Anggapan kita : dengan klik Refresh, maka kinerja komputer akan lebih cepat, karena.... yahh.. namanya saja Refresh, ya pastinya menyegarkan ... bla..bla..bla... Kebanyakan pengguna komputer baru atau awam, seperti Anda-Anda (hehehe, khususnya yang masih percaya dengan mitos-mitos), meyakini bahwa tombol refresh berfungsi untuk meng-update atau memperbaharui kondisi komputer setelah terjadi perubahan dan menghapus perintah sebelumnya dari RAM, sehingga komputer yang kita gunakan akan berjalan dengan lebih lancar dan lebih cepat. Namun, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, ternyata merupakan mitos semata.

Jadi kalau ada yang bilang, eh.. Refresh itu gunanya untuk menyegarkan komputer, membuat komputer lebih cepat, menghapus cache yang tidak diperlukan, membuang proses-proses dumb / bug pada komputer, jawab saya adalah Preeet, omong kosong, apalagi nge-refreshnya sampai berkali-kali, katanya kalo kagak 7 kali kagak afdol, ckckck.

Fungsi REFRESH Desktop yang sebenarnya
Refresh desktop sebenarnya digunakan untuk memperbaharui tampilan atau memuat kembali tampilan yang ada di desktop setelah terjadi suatu perubahan. Refresh desktop tidak berfungsi untuk memperbaharui kembali kondisi RAM, dan tidak membersihkan komputer Anda atau menyegarkan komputer Anda. Oleh karena itu refresh desktop juga tidak menyumbangkan peningkatan performa apa pun pada kinerja komputer.

Praktik:
  1. Setting komposisi file/shortchut di desktop sesuai abjad (Arrange Icon by Name)
  2. Terus buat / letakkan file apa saja dengan huruf depan A, misal buat documen dengan judul aselole.doc, atau letakkan shortchut program AutoCAD (just example)
  3. Refresh, Insya ALLAH akan naik derajad si aselole.doc atau AutoCAD tadi posisi lebih atas
Hal ini terjadi, karena perubahan pada desktop tidak ditampilkan secara instan.

Jadi, bila Anda punya kebiasaan melakukan refresh pada desktop Anda berjuta berkali-kali tanpa mengetahui maksud dan fungsi sebenarnya tombol ini, maka anda sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Karena anda hanya membuang waktu dan tidak begitu berguna.

Faktanya, jika Anda memasang trafik RAM / Performance (pada Task Manager), lantas lakukan aktifitas refresh, refresh, refresh (atau tekan F5), maka apa yang akan terjadi pada grafik performance ? Akankah grafiknya semakin turun ???

Kesimpulan
Boost computer with refresh is bullshitSo, sebaiknya anda berhenti "memperkosa" refresh atau tombol F5 karena hal tersebut hanyalah buang-buang waktu anda.

Sekian, info mitos yang dapat gw sampaikan, maaf atas kata-kata liar yang saya gunakan, semoga bermanfaat, amiin ...

Referensi :
  • http://tau18.blogspot.com/
  • http://haloapakabar.blogspot.com/
  • http://kehl-bellrose.blogspot.com/

7 komentar:

Firman's Trixibille said...

gan kan katanya widget followers anda dulu juga tdk bisa sama seperti blog saya kok skarang bisa gimana cara memperbaikinya

please jawab

trixibille28.blogspot.com

Lukman Khakim said...

wah, gw lupa caranya, tapi kalo kagak salah ganti template solusinya, heheheh

tapi kalo kagak mau ganti template, coba telusuri tutorial berikut
http://bliyanbayem.blogspot.com/2009/10/biang-kerok-penyebab-widget-follower.html atau
http://www.ayongeblog.info/2011/01/masalah-follower-di-blogspot-yang.html

ManiakDonlot said...

Coba link yang dimari gan --> http://maniakdonlot.blogspot.com/2012/11/stardock-windowfx-51-final.html
entar kalo masih dead link chat via cbok aja/komeng di postingan. Tq atas kunjungannya gan,.,

ManiakDonlot said...

Coba link ini gan --> http://www.mediafire.com/?x0tsz76r0qrzryj atau www.mediafire.com/?vziyys18ecan5r3. OS agan x86 kan?? Ane cuma bisa bantu cari link doang, kapan2 kunjungan lagi gan. tq.

Andisu said...

mantap gan.
klo ane pakai fungsi refresh klo ada masalah sama tampilan desktop ane.
karena proses yang lambat di kompi jadi kadang gak ke load sempurna jadi butuh di refresh. Klo sering refresh juga malah kadang nimbulin masalah juga ama proses managernya windows.
CMIIW ni.

renaversa said...

oh..
baru tau saya..
haha :D

Yanto cungkup said...

ijin share gan.ditunggu kunbalnya di www.wongcungkup.blogspot.com

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!