/* Ads dari Propeller -------------------------- */ Warung Internet

Windows Live Writer Error, Whats Happen?

windows live writerWuh.. sudah 3 tahun lamanya tidak posting di blog ini, sepi tanpa ada update-an posting. Entah apa yang mengilhami untuk memulai untuk menulis lagi. Sebenarnya saya mau melanjutkan postingan di blog Powerpoint Interaktif karena saya sudah pernah membuat draftnya 3-4 tahun yang lalu di program Windows Live Writer (next, saya singkat WLW), tapi belum sempat mempostingnya. 'Kan sayang kalau di delete gitu aja, mendingan di posting saja, apa susahnya. Itu pikir saya, tapi dibalik gumam "apa susahnya", muncullah kesusahan yang sesungguhnya. Apa itu, perhatikan baik-baik, hehe.

Kronologinya, tepat tanggal 24 Desember 2015 (mumpung ingat, bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini), niat emas untuk nulis lagi muncul. Akhirnya, saya install dah Window Live Writer versi 2008 untuk membuka draft postingan-postingan saya. Biasalah, next, next, next, finish, sebentar kok. Lalu konek internet, mau login akun blogger di WLW, dan apa yang terjadi? Muncul pesan "The username or password is incorrect" Ah, yang benar saja, saya login di browser PC dan android lancar-lancar saja kok. Mulai hilanglah hasrat untuk menulis saya. 

the username or password is incorrect at windows live writer

Entah, tapi semangat saya lebih besar dari rasa putus asa. Jadi pas itu saya berfikir, update sajalah WLW-nya, barangkali yang versi 2008 udah expire, udah ketinggalan berapa tahun tuh versi, 7 tahun bro (2015), apalagi bentar lagi udah 2016. Download-lah WLW versi 2012 Offline Installer (134 Mb). Sial, dia ndak langsung bisa diinstall, minta camilan Net Frime Work 4.0. Untung saya sudah punya, so tinggal install. Net FrimeWork beres, WLW 2012 beres. Tinggal login, ya udah login saja, dan kalian tahu, window "The username or password is incorrect" muncul lagi. Astaga, susahnya.

No matter that, coba dah login pake account wordpress, barangkali bisa. Owhh, apa ya akun dan password wordpress gue? Lupa juga. Akhirnya jurus andalan "I can't access my account >> Forget password" jadi jalan pintasnya. Setelah melalui serangkaian pemulihan password, akhirnya saya bisa akses akun wordpress melalui browser. Dan saat coba login di WLW, hasilnya gagal maning, gagal maning, gatott (GAGAL TOTAL). Arrhhh.., sudahlah, rasanya ingin naik rooler coaster untuk menghilangkan geram. Hari sudah hampir habis, it's time to rest and reset day guys.

Tanggal 25 Desember 2015, harapan kecil masih ada. Saya coba untuk mencari software baru, untuk bisa membuat draft postingan blogger tanpa harus online, akhirnya ketemu yang namanya Open Live Writer (OLW) cuma 5,2 Mb, saya kagak faham versi berapa. Sialnya, dia butuh Net FrameWork 4,5, oklah, untuk saya punya juga. Pokoknya install, next, next, finish. Alhamdulillah bisa diinstall. Terus saya coba login ke akun blogger saya melalui OLW, ternyata "bisa" lhooo.. Alhamdulillah bisa masuk. Tapi rasa nyesek masih ada, puluhan draft WLW saya kagak bisa dibuka, masa' harus buat lagi artikel di blog Powerpoint Interaktif, malas banget. File milik WLW yang berekstensi .wpost tidak bisa di buka di OWL. Huffttt...

Akhirnya coba cari solusi di mbah Google, dengan keyword "how to open wpost file", muncul beberapa artikel tingkat atas, nada jawaban mereka seirama, saya harus membukanya melalui aplikasi WLW. Yes I know about that, but you don't know that WLW is broken now. Terbesit ide untuk tanya ke WLW Support. Windows Live Writer kan masih satu clan dengan Windows corp, so.. saya mau tanya, kalau bisa chat saya CS Windows. Supaya lega. 

Saya menceritakan semunya secara gamblang ke Microsoft Support secara gamblang, banyak solusi yang ditawarkan, dan rata-rata solusi itu sudah pernah saya jalankan, Kalau mau lihat detail hasil percakapan saya dengan beliau, sudah saya abadikan moment chat itu. Silahkan di simak / di download. Oh ya lupa, ngobrolnya pake bahasa inggris, jadi maklum kalo ada kata atau kalimat yang belepotan. Chat history with Microsoft Support.


Selesai ngobrol dengan Mrs. Lorraine B. tadi, saya masih belum berhenti utak-atik, bagaimana agar file .wpost bisa dibuka. Dan ditengah-tengah kegundahan itu, ada suatu mukjizat, saya coba login pake akun Wordpress, ehh.. ternyata bisa. Alhamdulillah. terus saya back, barangkali akun blogger juga udah bisa normal, dan akhirnya, GAGAL, kurang ajar, berarti yang bermasalah di pihak Google Account-nya. Yahh.. sudahlah, yang penting file .wpost-nya sudah bisa di buka.

login windows live writer dengan akun wordpress

Ternyata, setelah diselidiki melalui Blogger Help Forum, WLW sudah tidak support lagi ke akun google, karena pihak Windows telah mengeluarkan versi open source OLW, kurang lebih gitulah intinya. Kalau mau lihat detail diskusi di forum ini, silahkan klik berikut. Forum Diskusi Blogger bahas WLW.

news for users of windows live writer - blogger forum

Selanjutnya hanya perlu melakukan copy dari file .wpost di WLW dan paste di OLW. Sungguh perjuangan yang melelahkan. Dan sekarang, tertanda tanggal 26 Desember 2015, saya berhasil mengabadikan perjuangan saya selama 2 hari kemarin, sungguh melelahkan.

penampilan aplikasi open live writer

So, kesimpulannya. Windows Live Writer Error, What Happen?
open live writer
  • Dalam konteks kali ini, saya harus membuka file dengan ekstensi .wpost, yang hanya bisa di buka menggukanan aplikasi Windows Live Writer. Saat gagal login di akun blogger / google, coba login menggunakan akun lain, semisal Wordpress.
  • Saya sarankan untuk migrasi ke aplikasi Open Live Writer sebagai pengganti Windows Live Writer

0 komentar:

Post a Comment

Berikan Kritik dan Saran Anda !!!